Menerka Sejumlah Menteri yang Bakal Dipertahankan Jokowi Duduk di Kabinet Kerja

ANALISADUNIA.COM, JAKARTA – ‎Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku banyak menteri saat ini yang bakal dipertahankan duduk dalam kabinet untuk pemerintahan periode kedua.

Pengamat Politik dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta), Leo Agustino menilai empat menteri layak untuk dipertahankan Jokowi duduk dalam Kabinet Kerja.

Empat sosok tersebut di antaranya Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri ESDM Ignatius Jonan, dan Menteri Luar Negeri Retno Marsudi.

“Menurut Saya hanya empat menteri ini yang layak dipertahankan,” ujar Leo Agustino kepada ANALISADUNIA.COM, Jumat (12/7/2019).

Leo Agustino menjelaskan, empat menteri ini memiliki kinerja yang luar biasa baik bagi negeri ini selama periode pertama Jokowi.

1. Sri Mulyani Indarwati

Mantan Direktur di Bank Dunia itu dinilai berhasil menjaga stabilitas keuangan dan meningkatkan Ekonomi nasional di tingkat global.

“Kemampuannya menjaga stabilitas keuangan dan pertumbuhan ekonomi Indonesia untuk bersaing dengan negara-negara di dunia sangat hebat,” jelas Leo Agustino.

2. Basuki Hadimulyono

Menteri PUPR ini kata dia, menggenapi konektifitas antardesa-kota-daerah dan menyukseskan program infrastruktur Jokowi.

“Ini menunjukkan komitmennya yang tinggi terhadap pembangunan bangsa,” tegas Leo Agustino.

3. Ignatius Jonan

Ignatius Jonan merupakan sosok yang mampu mengeksekusi keinginan Jokowi pada periode pertama 2014-2019 di Kementerian ESDM.

Khususnya, pengembalian Freeport bisa terjadi di eranya.

Selain sebelum itu juga Jonan sudah dinilai berhasil mengubah transportasi Kereta Api Indonesia menjadi lebih modern seperti sekarang ini.

“Mengubah KAI dan mengembalikan Freeport ke NKRI menurut Saya sangat luar biasa,” ucapnya.

Mengenai teguran Jokowi kepada Jonan baru-baru ini ketika impor migas terlihat lebih tinggi, menurut dia, teguran itu bukan berarti Jokowi tidak senang dengan kinerja Jonan.

Menurutnya hal wajar seorang pimpinan menegur bawahannya untuk bisa mengejar target yang sudah diputuskan bersama.

Ia pun menyarankan kepada Jokowi untuk mendorong Jonan duduk di kursi yang sesuai dengan passionnya, yakni di BUMN.

“Jika kembali ke BUMN, saya kira akan jauh lebih baik. Saya kira, jika Pak Jonan urus BUMN masalah defisit di satu BUMN bisa ditutup oleh surplus di BUMN lainnya. Selain itu, problem layanan prima bisa dibenahi secara komprehensif,” paparnya.

4. Retno Marsudi

Menteri Luar Negeri dinilai berhasil membangun kejayaan diplomasi Indonesia di mata dunia.

Catatan penting kinerja Menteri Retno diantaranya menjadikan Indonesia anggota Dewan Keamaan Perserikatan Bangsa-bangsa (DK PBB).

Pun atas dukungan terhadap kemerdekaan Palestina, dan legacy (warisan) diplomasi damai Indonesia di mata dunia.

Pengamat politik KedaiKOPI

Pakar Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina, Hendri Satrio, harus dipahami terlebih dahulu semangat kerja dari Jokowi untuk periode kedua pemerintatahannya.

Pasti di periode kedua ini, Jokowi ingin ada warisan (legacy) yang bisa dinikmati oleh masyarakat dan generasi mendatang.

Selama lima tahun pertama pemeritahannya, Jokowi sudah memberikan warisan yang pasti akan dikenang rakyat Indonesia, yakni infrastruktur.

“Sehingga masyarakat Indonesia bisa mengenang, bahwa di masa pemerintahan Pak Jokowi, infrastruktur dibangun,” ujar pendiri Lembaga analisis politik KedaiKOPI ini kepada ANALISADUNIA.COM, Kamis (4/7/2019).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *