Pesan Terakhir Sang Jenderal Sebelum Embuskan Napas Terakhir

Liputan6.com, Jakarta – Jenderal Purnawirawan George Toisutta tutup usia di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta pagi ini, Rabu (12/6/2019). Purnawirawan TNI Angkatan Darat itu meninggal dunia pukul 05.26 WIB.

Putri bungsunya, Eva Toisutta, menceritakan ayahnya telah dirawat di RSPAD selama 2 minggu lantaran penyakit kanker usus yang dialami oleh almarhum.

“Kurang lebih dua minggu dirawat di RSPAD, kalau penyakit sudah lama terkena kanker, kebetulan sudah diangkat kemudian ada komplikasi yang lain,” ucap Eva di rumah duka Sentosa RSPAD, Jakarta, Rabu (12/6).

Sebelum meninggal, George menyampaikan pesan terakhirnya pada keluarga.

“Pesannya sih semuanya yang mengenal papa atau tidak mengenal papa, kalau papa punya salah, kami dari pihak keluarga memohon maaf atas kesalahan-kesalahan beliau. Agar beliau bisa tenang di alamnya,” ungkap Eva.

Eva juga meminta jika almarhum ada hal-hal belum terselesaikan, dia berharap bisa menghubungi keluarga.

“Jadi kalau ada salah saya minta sebagai perwakilan keluarga, mohon ayah saya dimaafkan. Dan apabila ada permasalahan bisa langsung menghubungi keluarga,” kata Eva.

KSAD jadi Inspektur Upacara Pemberangkatan JenazahGeorge

Sebelum meninggalkan rumah sakit, digelar upacara pemberangkatan jenazah George Toisutta. KSAD Andika Perkasa menjadi Inspektur Upacara. Andika memakai pakaian dinas upacara TNI AD lengkap dengan tanda dan kepangkatannya.

Upacara ini dihadiri juga oleh pihak keluarga George. Andika sempat mengobrol secara singkat dengan keluarga seraya memberikan doa George dan melihat jenazah George yang berada dalam peti dibalut bendera merah putih.

Selain Andika, upacara pemberangkatan dihadiri Pangkostrad Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, Wakil Kepala BIN, Letnan Jenderal TNI Teddy Lhaksmana Widya Kusuma dan Komandan Jenderal Kopassus Mayor Jenderal TNI I Nyoman Cantiasa.

Kemudian ada mantan petinggi TNI di antaranya Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso dan Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo. Kemudian Mantan Kepala Staf Umum AD Letnan Jenderal TNI (Purn) Johannes Suryo Prabowo dan Mantan KSAD Jenderal (Purn) Mulyono.

Kini rombongan jenazah George sudah meninggalkan RSPAD sejak pukul 10.30 WIB dan rencananya akan dibawa ke Makassar melalui Bandara Halim Perdana Kusuma Jakarta Timur. Kemudian, Jenazah dibawa ke rumah duka di jalan Rutan nomor 80 Gunung Sari Makassar yang merupakan rumah dari kakak kandung George.

Jenazah akan disemayamkan di rumah tersebut sampai dengan pukul 16.00 WIB dan disalatkan di Masjid Nurul Ilmi Makassar. Selanjutnya, dimakamkan di TPU Dadi Makassar dengan Inspektur Upacara Wakasad Letnan Jenderal TNI Tatang Sulaiman. Jenderal TNI (Purn) George Toisutta meninggal dunia pada pukul 05.26 WIB di RSPAD Gatot Subroto Jakarta lantaran sakit kanker usus.

Jenderal TNI George Toisutta adalah seorang purnawirawan TNI Angkatan Darat serta mantan Kepala Staf TNI Angkatan Darat sejak tanggal 29 November 2009 hingga 30 Juni 2011.

Sebelumnya ia menjabat sebagai Panglima Komando Strategi Angkat Darat (Pangkostrad) yang menjabat sejak 2007 hingga tahun 2009.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *