rajatv

Kecerdasan Tersembunyi: Memahami Anak yang Dianggap Nakal oleh Orang Lain

23 Agu 2023  |  293x | Ditulis oleh : Miao
pesantren Al Masoem

Setiap anak memiliki potensi yang unik, tetapi terkadang perilaku yang dianggap "nakal" oleh orang lain dapat mengaburkan pandangan terhadap kecerdasan yang sebenarnya. Tidak jarang kita menemukan anak-anak yang, meskipun mungkin berperilaku di luar norma, menyimpan kecerdasan dan potensi yang luar biasa di balik layar tersebut. Dalam artikel ini, kita akan membahas fenomena yang kompleks ini: bagaimana anak yang terlihat nakal oleh pandangan umum mungkin memiliki kecerdasan yang menonjol dalam berbagai aspek. Dengan menggali lebih dalam dan memahami latar belakang dan konteks anak-anak ini, kita dapat memberikan pandangan yang lebih akurat tentang kecerdasan mereka, serta mencari cara untuk mendukung mereka dalam mengembangkan potensi mereka yang unik.

Memahami Anak yang Dianggap Nakal oleh Orang Lain

Ketika anak dianggap "nakal" oleh orang lain, terkadang itu bisa mengaburkan pandangan terhadap potensi dan kecerdasannya. Penting untuk diingat bahwa perilaku yang dianggap nakal tidak selalu mencerminkan tingkat kecerdasan sebenarnya. Beberapa anak yang mungkin terlihat "nakal" dapat memiliki kecerdasan yang tinggi dalam berbagai bidang. Berikut adalah beberapa poin yang perlu dipertimbangkan:

Kemungkinan Ketidakcocokan dengan Sistem Pendidikan:

​Anak yang memiliki gaya belajar yang berbeda atau kebutuhan pendidikan yang tidak terpenuhi dalam lingkungan sekolah tradisional mungkin menjadi tidak tertarik atau bahkan menunjukkan perilaku yang dianggap nakal. Maka jika ada anak yang dianggap nakal karena berbeda atau tidak cocok dengan sistem pendidikan jangan sampai julid terhadap anak, ada beberapa alasan kenapa sebagai guru dan orang tua tidak boleh julid karena kenakalan anak itu ada batas dan ada standar standar tertentunya. Seperti anak yang hiperaktif dan tidak mau diam, bagi beberapa orang tua dianggap anak nakal, padahal bukan nakal tapi dia memiliki power yang jauh lebih besar daripada anak lain. Jangan sampai perbedaan malah membuat anda sebagai orang tua menjulid kepada anak yang memang memiliki kelebihan tersendiri. 

Kreativitas yang Tinggi:

Beberapa anak dengan kreativitas yang tinggi mungkin mencari cara-cara unik untuk mengekspresikan diri, tetapi perilaku ini dapat salah diartikan sebagai "nakal." Sebagai contoh anak yang memiliki kreativitas tinggi adalah anak yang suka mencoret coret meja, mencorat coret tembok. Memang secara estetika itu merupakan hal yang merusak, bukan memperindah tapi bagaimanapun sebagai orang tua mestinya kita memberikan edukasi kepada anak mana yang baik dan boleh mana yang tidak boleh. Berikan dia ruang yang khusus untuk menjadi kanvas dia setiap hari, jika anak tidak suka mencoret coret buku, buatlah ruangan khusus dengan cat tembok yang bisa dihapus. Jangan batasi potensi anak dengan hal yang memang sederhana untuk dibereskan.

Ketidakmampuan Mengatasi Emosi:

Anak-anak kadang-kadang kesulitan mengelola emosi mereka, dan perilaku luar biasa atau impulsif dapat muncul sebagai hasil dari hal ini.

Bosan dengan Materi Pelajaran:

Anak yang merasa tidak tertantang dalam pelajaran sekolah mungkin menjadi kurang fokus atau menunjukkan perilaku "nakal" sebagai cara untuk mengatasi kebosanan. Ini hal normal yang selalu terjadi di sekolah, sebagai orang tua dan guru sudah seharusnya anda paham untuk bisa lebih bijaksana dalam menyikapi anak seperti ini. Salah satu solusi terbaik adalah komunikasikan dengan anak tersebut.

Minat Khusus yang Tidak Diakomodasi:

Anak yang memiliki minat atau bakat khusus dalam bidang tertentu mungkin mengabaikan pelajaran lain dan dapat dilihat sebagai "nakal." Maka dari itu beruntung bagi sekolah yang sudah benar benar menegakan kurikulum merdeka belajar dengan sungguh sungguh, karena melalui kurikulum merdeka belajar ini, minat khusus dan bakat anak akan benar benar tersalurkan dengan baik. 

Ketidakcocokan Sosial:

Beberapa anak mungkin memiliki kesulitan dalam berinteraksi sosial, dan perilaku ini bisa disalah artikan sebagai perilaku nakal padahal sebenarnya mereka kesulitan menyesuaikan diri.

Keterbatasan Kemampuan Bahasa atau Komunikasi:

Anak yang mengalami keterbatasan dalam kemampuan berkomunikasi mungkin kesulitan menyampaikan kebutuhan atau frustrasi mereka dengan cara yang sehat.

Tantangan Pribadi atau Lingkungan:

Beberapa anak mungkin menghadapi tantangan pribadi atau dalam lingkungan yang dapat mempengaruhi perilaku mereka. Ini bisa termasuk masalah keluarga, kesehatan mental, atau pengalaman traumatis.

Penting untuk mengadopsi pendekatan yang lebih holistik dalam memahami anak-anak yang dianggap nakal. Bukan hanya melihat perilaku, tetapi juga menggali alasan di balik perilaku tersebut. Membantu anak mengembangkan potensi mereka melalui dukungan yang sesuai, pengertian, dan pendekatan yang penuh kasih sayang akan membantu mereka tumbuh menjadi individu yang kuat dan berdaya. Jika Anda memiliki keprihatinan mengenai perilaku atau perkembangan anak, berkonsultasilah dengan ahli seperti psikolog atau konselor yang berpengalaman.

 

Baca Juga:
Inilah 5 Gunung yang Masih Aktif Di Indonesia

Inilah 5 Gunung yang Masih Aktif Di Indonesia

Ulasan      

14 Jul 2020 | 801


Indonesia populer akan kekayaan alamnya yang sangat luar biasa indah mulai dari pegunungan hingga pantai, menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki dan tidak bisa didapatkan di negara ...

Peluang Bisnis Mendapatkan Banyak Uang dari Youtube

Peluang Bisnis Mendapatkan Banyak Uang dari Youtube

Tips      

6 Jul 2024 | 20


Salah satu peluang bisnis yang sedang diminati banyak orang saat ini adalah monetisasi Youtube. Dengan perkembangan teknologi dan internet yang semakin pesat, tidak heran apabila platform ...

Brand Equity Menjadikan Pelanggan Fanatik Terhadap Merk

Brand Equity Menjadikan Pelanggan Fanatik Terhadap Merk

Ulasan      

6 Jul 2024 | 1


Brand Equity atau ekuitas merek merupakan aset paling berharga bagi suatu perusahaan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan nilai finansial, namun juga bagaimana merek itu memengaruhi ...

Rudy Gunawan

Aksi Rudy Gunawan DPO Dalang Penipuan Sekolah Bisnis, Berakhir di Ciduk Tim Ditreskrimsus Fismondev

Nasional      

3 Agu 2023 | 253


JAKARTA - Berdasarkan Laporan Kepolisian No LP/1102/III/2018/PMJ/Ditreskrimsus tertanggal 1 Maret 2018, korban Alexander Foe melaporkan RG terkait tindak pidana penipuan, penggelapan, dan ...

Fungsi Sosial Media dalam Kehidupan Sehari-hari

Fungsi Sosial Media dalam Kehidupan Sehari-hari

Nasional      

9 Jun 2024 | 47


Sosial media telah menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, peran sosial media dalam kehidupan masyarakat semakin ...

Di Mana Sajakah 8 Objek Wisata Mempesona di Palembang?

Di Mana Sajakah 8 Objek Wisata Mempesona di Palembang?

Wisata      

21 Jul 2020 | 955


Palembang tidak hanya memiliki Jembatan Ampera. Meskipun menjadi ikon kota tetapi juga menyimpan berbagai objek wisata lainnya seperti kota lain di Indonesia. Museum ...