RajaKomen

5 Manfaat Susu Hangat Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kadar Gula Darah

27 Okt 2020  |  1094xDitulis oleh : Zona
5 Manfaat Susu Hangat Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kadar Gula Darah

Aghil - Susu hangat tanpa gula memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya mampu menjaga kadar gula darah, menjaga berat badan, hingga tidur nyenyak.

Susu dikenal kaya akan kalsium dan nutrisi. Dilansir dari laman Healthshoots, berikut beberapa manfaat konsumsi susu hangat menurut Dokter Deepika Rani, ahli gizi dari Apollo Telehealth.

1. Membantu Kontrol Gula Darah

Untuk mengatur gula darah, Anda cukup minum satu cangkir susu tanpa gula sebelum tidur. Hal ini cukup berpengaruh pada penderita diabetes tipe 1 serta orang yang rentan pada fluktuasi gula darah.

2. Membantu Tidur Nyenyak

Susu hangat juga mampu menenangkan pikiran dan tubuh. Hal ini karena adanya kandungan triptofan pada susu.

"Segelas susu hangat yang dikonsumsi sebelum tidur membantu mendorong dan meningkatkan kualitas tidur. Itu karena adanya zat yang disebut triptofan," kata dr Rani.

3. Menurunkan Berat Badan

Dengan minum susu hangat sebelum tidur, mampu meningkatkan rasa kenyang. Dengan begitu, susu dapat mencegah Anda makan camilan di tengah malam. Sehingga membantu menjaga berat badan.

4. Menyehatkan Tulang

Dengan menghangatkan susu, proses ini mengaktifkan enzim yang mempercepat penyerapan nutrisi kedalam tubuh, serta meningkatkan kepadatan tulang.

"Minum susu hangat mengurangi risiko penyakit terkait tulang seperti osteopenia, osteoporosis, dan patah tulang," kata dr Rani.

5. Menjaga Kesehatan Mulut

Untuk yang mengalami masalah kerusakan gigi dan bau mulut, minum susu hangat setiap hari dapat membantu.

Susu memiliki efek perlindungan pada enamel gigi dan mengurangi risiko kerusakan gigi. Susu memiliki komponen bioaktif yang mengubah populasi mikroba di plak gigi sehingga memberikan efek perlindungan.

Sementara kasein-fosfopeptida dari susu bereaksi dengan kalsium dan fosfat pada permukaan gigi di mana menghasilkan kompleks kalsium fosfat amorf koloid yang mendorong mineralisasi ulang email gigi.

Itulah beberapa manfaat mengkonsumsi susu hangat. Selamat mencoba!

Baca Juga:
Kasus Korupsi Bansos Yang Menyeret Nama Gibran Rakabuming Si Anak Presiden

Kasus Korupsi Bansos Yang Menyeret Nama Gibran Rakabuming Si Anak Presiden

Nasional      

29 Des 2020 | 927


Jangan sampai kasus korupsi bansos ini tenggelam termakan isu lain, apalagi sampai menyeret nama anak presiden. Ini merupakan kasus besar karena sudah tega mengambil hak dari rakyat yang ...

pesantren Al Masoem

Rahasia Mengatur Waktu di Asrama yang Bisa Membuatmu Sukses di Sekolah!

Pendidikan      

8 Agu 2023 | 263


Masuk ke asrama adalah sebuah pengalaman yang penuh kegembiraan dan tantangan. Bagi sebagian orang, tinggal di asrama adalah langkah pertama mereka dalam hidup mandiri di luar keluarga. ...

Manfaatkan Trading Online Binomo Untuk Investasi Masa Depan

Manfaatkan Trading Online Binomo Untuk Investasi Masa Depan

Tekno      

28 Nov 2021 | 543


Perkembangan zaman membuat kesadaran masyarakat tentang pentingnya investasi untuk masa depan, akhir-akhir ini menjadi semakin banyak peminatnya, dan mereka bisa bebas memilih jenis ...

Alasan Dan Asal-Usul  Syi'ah Bisa Berpusat Dinegara Iran

Alasan Dan Asal-Usul Syi'ah Bisa Berpusat Dinegara Iran

Mancanegara      

12 Agu 2020 | 778


Syi’ah merupakan ajaran yang sangat menyimpang dan sangat ditentang oleh umat Islam di seluruh dunia terutama di Indonesia yang sudah sering sekali memberi peringatan tentang bahaya ...

Hindari 5 Makanan Berikut Jika Tidak Ingin Menampung Lemak Berlebihan

Hindari 5 Makanan Berikut Jika Tidak Ingin Menampung Lemak Berlebihan

Tips      

30 Jun 2020 | 876


Lemak berlebihan memang merupakan penghambat jalan menuju penampilan yang ideal. Selain itu, kelebihan lemak juga dapat mengurangi kesehatan seseorang seperti meningkatkan risiko ...

smp al masoem

Mengatasi Tantangan Sosial dan Emosional di Sekolah Menengah Pertama

Pendidikan      

5 Sep 2023 | 271


Terbentuk di tengah-tengah masa remaja yang penuh perubahan dan eksplorasi, tahun-tahun di sekolah menengah pertama seringkali diwarnai oleh berbagai tantangan sosial dan emosional yang ...