RajaKomen

Tips Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

22 Okt 2020  |  191x | Ditulis oleh : Miao
Tips Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Akhir akhir ini dibeberapa kota, cuaca belum bersahabat. Terkadang panas sangat terik lalu esoknya hujan sangat deras. Tanpa persiapan membawa jas hujan atau payung setiap hari, mereka keluar rumah menggunakan kendaraan roda dua dengan sistem berbasis online. Otomatis radikal bebas mengancam kekebalan tubuh manusia seperti asap rokok, polusi udara dan makanan olahan yang mengandung karsinogenik sehingga menyebabkan berkurangnya daya tahan tubuh dan mudah terinfeksi bakteri dan virus. Sehingga menyebabkan badan kurang fit, terlebih lagi dunia sedang menghadapi pandemi atau wabah virus corona. Sehingga kita perlu ekstra untuk melindungi kesehatan diri dan keluarga yang rentan terhadap virus. 

Tenang tidak perlu khawatir karena berikut dibawah ini adanya tips mudah untuk meningkatkan daya tahan tubuh diantaranya yaitu : 

  • Menggunakan Daun Sirsak

Ambil 5-10 lembar daun sirsak, lalu daunya direbus hingga mendidih. Lalu disaring setelah hangat campurkan dengan madu sebagai pengganti gula pasir. Atau bisa juga menggunakan gula jagung yang rendah kalori. Diimbangi dengan makanan sehat seimbang terutama mengandung Vitamin A, vitamin C dan Vitamin E.

Jika melakukannya secara rutin selama seminggu maka sudah dapat dirasakan khasiatnya. Dimana badan tidak mudah , lebih kebal terhadap radikal bebas, imun tubuh lebih kuat, dan tidak ada efek samping. Pasalnya daun sirsak adalah obat herbal yang cukup populer dikalangan masyarakat atau di beberapa daerah daerah.  Adanya kandungan Vitamin C dan asam askorbat dalam daun sirsak merupakan sumber antioksidan yang sangat baik untuk menangkal radikal bebas, infeksi gangguan kulit dan menstabilkan gula darah dalam tubuh manusia. 

  • Bawang Putih

Bawang putih merupakan makanan super yang dapat dimanfaatkan untuk mengobati berbagai masalah kesehatan. Pasalnya bahan alami yang mudah ditemukan disemua dapur ini memiliki sifat antimikroba, antibiotik, serta anti inflamasi. 

Selain itu kandungan senyawa dalam bawang putih dapat membantu meningkatkan jumlah sel darah putih dalam tubuh, yang membunuh bakteri serta virus asing. Untuk mengangkat sistem kekebalan tubuh, kamu dapat menambahkan jumlah bawang putih dalam makanan yang akan dikonsumsi. 

  • Biji Labu

Biji labu yang kaya akan seng, zat besi, dan Vitamin E dapat membantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh. Selain itu biji ini juga memiliki sifat anti jamur serta anti virus. Biji labu tidak hanya dapat membantu dalam pertumbuhan sel saja, tetapi juga dapat meningkatkan suasana hati, bahkan memperbaiki kualitas tidur. Untuk mendapatkan manfaat kesehatannya, kamu dapat menaburkan beberapa biji labu pada salad yang akan dikonsumsi. 

  • Brotowali

Sejak dari dulu brotowali atau giloy memang merupakan ramuan serbaguna yang digunakan untuk membuat obat obatan herbal. Bahan alami ini dapat membantu menghilangkan racun dari dalam tubuh, membersihkan darah, serta melawan bakteri penyebab penyakit. Sifat antioksidan yang dimilikinya juga dapat meningkatkan kesehatan, meningkatkan kekebalan, serta pencernaan. 

  • Jahe

Jahe merupakan senyawa antimikroba, antibiotik, serta anti-inflamasi. Sehingga tanaman ini dipercaya efektif dapat meredakan sakit tenggorokan, menghilangkan mual, serta gas di pencernaan. Kandungan antioksidan yang tinggi dalam jahe dapat meningkatkan sistem respons imun. 

  • Kunyit

Kunyit tidak hanya membuat makanan bertambah lezat saja, tetapi juga dapat mengobati berbagai penyakit. Kunyit memiliki senyawa utama bernama curcumin yang dapat membantu meningkatkan imunitas. Nantinya senyawa ini akan mengaktifkan sel darah putih dalam tubuh, lalu pada gilirannya dapat meningkatkan respons antibodi. 

 

Baca Juga:
Rekomendasi Brand Bola Futsal Terbaik

Rekomendasi Brand Bola Futsal Terbaik

Sport      

22 Mei 2020 | 312


Futsal merupakan olahraga yang hampir mirip dengan sepak bola. Sehingga banyak orang awam yang menganggapnya sama. Padahal dari segi pemain dan bola juga sudah jauh berbeda. Pemain sepak ...

Singapura Dinobatkan Sebagai Negara Paling Aman di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Singapura Dinobatkan Sebagai Negara Paling Aman di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Mancanegara      

2 Nov 2020 | 217


Aghil - Salah satu lembaga survei dunia, Gallup baru-baru ini merilis data negara-negara dengan kondisi paling aman di dunia. Hasil ini didapat dari jawaban orang mengenai keamanan dirinya ...

Tips Optimalisasi Sistem Keamanan Data yang Bisa Diterapkan Pada Usaha UMKM

Tips Optimalisasi Sistem Keamanan Data yang Bisa Diterapkan Pada Usaha UMKM

Tekno      

26 Maret 2021 | 126


Keamanan data adalah salah satu faktor yang paling penting yang harus dijaga oleh sebuah perusahaan. Untuk bisnis berskala besar atau perusahaan dengan jaringan luas, prioritas keamanan ...

7 Produk Magic Com yang Sangat Direkomendasikan Tahun 2020

7 Produk Magic Com yang Sangat Direkomendasikan Tahun 2020

Tekno      

30 Jun 2020 | 294


Magic  Com kini tidak hanya untuk memanaskan nasi agar enak dikonsumsi. Namun juga untuk memasak dan memanaskan berbagai jenis makanan.  Fitur dan teknologi modern yang ...

Xiaomi Tengah Siapkan Smartphone Baru dengan Baterai Berkapasitas 6000 mAh

Xiaomi Tengah Siapkan Smartphone Baru dengan Baterai Berkapasitas 6000 mAh

Tekno      

17 Nov 2020 | 212


Aghil - Melansir GSM Arena, Xiaomi kini tengah menggarap sejumlah smartphone baru. Selain duo Redmi Note 9 5G, terdapat smartphone baru lain yang muncul di situs web regulator Tiongkok, ...

4 Hal Ini Menentukan Kesuksesan Anda dalam Menjalin Cinta

4 Hal Ini Menentukan Kesuksesan Anda dalam Menjalin Cinta

Tips      

31 Okt 2020 | 219


Aghil - Samantha Joel, peneliti dari Amerika Serikat menemukan empat hal yang mempengaruhi kebahagiaan seseorang. Dalam penelitiannya, ia menganalisis data dari 11.000 pasangan untuk ...