MU

4 Trik Mudah Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

19 Okt 2020  |  28xDitulis oleh : Zona
4 Trik Mudah Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

Aghil - Belanja bulanan menjadi sebuah kegiatan yang perlu dilakukan. Terlebih lagi pada masa pandemi saat ini, menggunakan konsep belanja bulanan akan mengurangi kegiatan kita di luar rumah.

Dengan membelanjakan bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, diperlukan pengetahuan bagaimana cara menyimpan bahan makanan agar tahan lama. Agar belanjaan yang kamu beli tidak kadaluarsa saat ingin digunakan.

Untuk beberapa bahan, ada cara mudah membuatnya tahan lama. Dikutip dari laman The Sun UK, berikut selengkapnya.

Jangan Simpan Susu di Pintu Kulkas

Saat kamu menyimpan susu dan produk berbahan susu, jangan sekali-kali menyimpannya di pintu lemari pendingin. Hal ini karena produk susu membutuhkan suhu yang konstan agar mampu bertahan lebih lama.

Pasalnya, jika kamu menyimpannya dibalik pintu lemari pendingin, hal itu akan menyebabkan fluktuasi pada suhu yang terus-menerus. Para ahli  menyarankan untuk menyimpan produk susu di bagian tengah rak lemari pendingin.

Bungkus Bagian Pucuk Buah Pisang

Saat menyimpan pisang, masalah yang paling sering ditemukan adalah pisang yang terlalu cepat matang. Jika salah menyimpan, pisang akan cepat bonyok, timbul bercak kecoklatan pada bagian kulit, yang membuatnya tidak lagi enak untuk disantap.

Nah untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa membungkus bagian pucuk kepala batang dari pisang. Kamu dapat membungkusnya dengan plastik wrap ataupun alumunium foil yang kedap udara. Dengan melakukan ini, kamu meminimalisir produksi gas yang diproduksi dalam proses pematangan pisang.

Memanfaatkan Kembali Batang Daun Bawang

Sebagian dari kita mungkin tidak tahu, bahwa bagian batang dan akar dari daun bawang dapat kita tanam kembali. Cukup ambil sisa potongan daun bawang yang masih memiliki akar pada pangkalnya. Rapikan bagian atas sehingga memiliki panjang yang sama.

Kemudian tempatkan daun bawang tersebut didalam segelas air hingga terendam bagian putihnya. Lalu letakkan dekat jendela yang terkena paparan sinar matahari yang baik. 

Setelah beberapa hari, kamu akan melihat pertumbuhannya kembali. Bagian hijau bisa kamu gunakan lagi untuk memasak dan tinggalkan sisanya untuk tumbuh kembali. Dengan begini, kamu akan memiliki persediaan daun bawang tak terbatas.

Simpan Bawang di Dalam Stockings

Jika kamu hendak menyimpan bawang bombay dan bawang putih, cara mudah untuk membuatnya tahan lama adalah dengan menyimpannya didalam stocking. Dengan menggunakan cara menyimpan ini, kedua bawang ini akan tahan hingga 6 bulan.

Buat simpul pada setiap bagian atas dan bawah setiap bawang, dan gantung di tempat yang sejuk dan kering. Hal ini akan mencegahnya dari proses pembusukan atau pun berakar.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Hindari 5 Makanan Berikut Jika Tidak Ingin Menampung Lemak Berlebihan

Hindari 5 Makanan Berikut Jika Tidak Ingin Menampung Lemak Berlebihan

Tips      

30 Jun 2020 | 114


Lemak berlebihan memang merupakan penghambat jalan menuju penampilan yang ideal. Selain itu, kelebihan lemak juga dapat mengurangi kesehatan seseorang seperti meningkatkan risiko ...

Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Tips      

7 Jul 2020 | 108


Belakangan ini, bekerja cerdas merupakan konsep yang paling menarik karena anda tahu kalau segala masalah tidak bisa diselesaikan dengan bekerja keras, hanya melalui bekerja cerdas, ...

empat

empat

Fashion      

1 Des 2020 | 3


...

Mengenal Bangkerok, Pizza Ala Orang Sunda

Mengenal Bangkerok, Pizza Ala Orang Sunda

Kuliner      

14 Nov 2020 | 14


Aghil - Indonesia memiliki beragam makanan khas dari berbagai daerah. Salah satunya adalah bangkerok. Makanan khas Sunda yang bentuknya terlihat seperti pizza. Akun instagram ...

Selain Odading Di Indonesia, Ternyata Negara-Negara Ini Juga Punya Roti Goreng Yang Unik & Enak

Selain Odading Di Indonesia, Ternyata Negara-Negara Ini Juga Punya Roti Goreng Yang Unik & Enak

Kuliner      

21 Sep 2020 | 100


Keberadaan roti goreng ternyata bukan hanya ada di Indonesia, di negara lain pun bisa kita temukan makanan roti yang di goreng seperti di Indonesia. Roti goreng dari masing-masing negara ...

Alasan Dan Asal-Usul  Syi'ah Bisa Berpusat Dinegara Iran

Alasan Dan Asal-Usul Syi'ah Bisa Berpusat Dinegara Iran

Mancanegara      

12 Agu 2020 | 98


Syi’ah merupakan ajaran yang sangat menyimpang dan sangat ditentang oleh umat Islam di seluruh dunia terutama di Indonesia yang sudah sering sekali memberi peringatan tentang bahaya ...