MU

4 Trik Mudah Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

19 Okt 2020  |  154xDitulis oleh : Zona
4 Trik Mudah Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

Aghil - Belanja bulanan menjadi sebuah kegiatan yang perlu dilakukan. Terlebih lagi pada masa pandemi saat ini, menggunakan konsep belanja bulanan akan mengurangi kegiatan kita di luar rumah.

Dengan membelanjakan bahan makanan dalam jumlah banyak sekaligus, diperlukan pengetahuan bagaimana cara menyimpan bahan makanan agar tahan lama. Agar belanjaan yang kamu beli tidak kadaluarsa saat ingin digunakan.

Untuk beberapa bahan, ada cara mudah membuatnya tahan lama. Dikutip dari laman The Sun UK, berikut selengkapnya.

Jangan Simpan Susu di Pintu Kulkas

Saat kamu menyimpan susu dan produk berbahan susu, jangan sekali-kali menyimpannya di pintu lemari pendingin. Hal ini karena produk susu membutuhkan suhu yang konstan agar mampu bertahan lebih lama.

Pasalnya, jika kamu menyimpannya dibalik pintu lemari pendingin, hal itu akan menyebabkan fluktuasi pada suhu yang terus-menerus. Para ahli  menyarankan untuk menyimpan produk susu di bagian tengah rak lemari pendingin.

Bungkus Bagian Pucuk Buah Pisang

Saat menyimpan pisang, masalah yang paling sering ditemukan adalah pisang yang terlalu cepat matang. Jika salah menyimpan, pisang akan cepat bonyok, timbul bercak kecoklatan pada bagian kulit, yang membuatnya tidak lagi enak untuk disantap.

Nah untuk mencegah hal ini terjadi, kamu bisa membungkus bagian pucuk kepala batang dari pisang. Kamu dapat membungkusnya dengan plastik wrap ataupun alumunium foil yang kedap udara. Dengan melakukan ini, kamu meminimalisir produksi gas yang diproduksi dalam proses pematangan pisang.

Memanfaatkan Kembali Batang Daun Bawang

Sebagian dari kita mungkin tidak tahu, bahwa bagian batang dan akar dari daun bawang dapat kita tanam kembali. Cukup ambil sisa potongan daun bawang yang masih memiliki akar pada pangkalnya. Rapikan bagian atas sehingga memiliki panjang yang sama.

Kemudian tempatkan daun bawang tersebut didalam segelas air hingga terendam bagian putihnya. Lalu letakkan dekat jendela yang terkena paparan sinar matahari yang baik. 

Setelah beberapa hari, kamu akan melihat pertumbuhannya kembali. Bagian hijau bisa kamu gunakan lagi untuk memasak dan tinggalkan sisanya untuk tumbuh kembali. Dengan begini, kamu akan memiliki persediaan daun bawang tak terbatas.

Simpan Bawang di Dalam Stockings

Jika kamu hendak menyimpan bawang bombay dan bawang putih, cara mudah untuk membuatnya tahan lama adalah dengan menyimpannya didalam stocking. Dengan menggunakan cara menyimpan ini, kedua bawang ini akan tahan hingga 6 bulan.

Buat simpul pada setiap bagian atas dan bawah setiap bawang, dan gantung di tempat yang sejuk dan kering. Hal ini akan mencegahnya dari proses pembusukan atau pun berakar.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga:
Mix Dan Match Jaket Jeans Untuk Acara Formal

Mix Dan Match Jaket Jeans Untuk Acara Formal

Fashion      

18 Mei 2020 | 317


Jaket jeans adalah salah satu jenis jaket yang diperuntukan untuk anak muda. Anak muda biasanya akan menggunakan jaket jeans untuk tampilan yang kasual. Sebagai outfit kuliah atau juga ...

Potret Indah Bayi Baru Lahir Menarik Masker Seorang Dokter. Apakah Tanda Berakhirnya Pandemi?

Potret Indah Bayi Baru Lahir Menarik Masker Seorang Dokter. Apakah Tanda Berakhirnya Pandemi?

Mancanegara      

19 Okt 2020 | 222


Aghil - Foto seorang bayi yang baru lahir menarik masker dari seorang dokter mendadak viral di Dubai. Peristiwa tersebut terjadi pada dokter bernama Dr Samer Cheaib. Momen tersebut ...

Pahlawan Nasional dari Bali yang Ikut Berjasa Mengusir Penjajah

Pahlawan Nasional dari Bali yang Ikut Berjasa Mengusir Penjajah

Nasional      

4 Sep 2020 | 216


Pulau Bali, adalah salah satu pulau yang terkenal akan kebudayaan, keindahan alam dan pantainya. Selain memiliki keindahan alam yang luar biasa dan disukai oleh banyak wisatawan kelas ...

Alasan Dan Asal-Usul  Syi'ah Bisa Berpusat Dinegara Iran

Alasan Dan Asal-Usul Syi'ah Bisa Berpusat Dinegara Iran

Mancanegara      

12 Agu 2020 | 220


Syi’ah merupakan ajaran yang sangat menyimpang dan sangat ditentang oleh umat Islam di seluruh dunia terutama di Indonesia yang sudah sering sekali memberi peringatan tentang bahaya ...

Xiaomi Tengah Siapkan Smartphone Baru dengan Baterai Berkapasitas 6000 mAh

Xiaomi Tengah Siapkan Smartphone Baru dengan Baterai Berkapasitas 6000 mAh

Tekno      

17 Nov 2020 | 175


Aghil - Melansir GSM Arena, Xiaomi kini tengah menggarap sejumlah smartphone baru. Selain duo Redmi Note 9 5G, terdapat smartphone baru lain yang muncul di situs web regulator Tiongkok, ...

3 Bahaya Cornering ala MotoGP di Jalan Raya

3 Bahaya Cornering ala MotoGP di Jalan Raya

Tips      

29 Jun 2020 | 303


Masih ingat video yang tengah viral di media sosial sebelumnya? Itu lho video pengendara sepeda motor yang ngebut di jalan berbelok tajam atau tikungan. Karena tindakan kebut-kebutan ...