RajaKomen

Industri Sociopreneur Menjadi Tren Karir Terbaru Bagi Generasi Milenial

11 Jun 2022  |  432x | Ditulis oleh : Miao
Industri Sociopreneur Menjadi Tren Karir Terbaru Bagi Generasi Milenial

Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D Rektor Universitas Pertamina atau Kampus Energi, dalam sambutannya, Sabtu (21/5)  di acara wisuda ke-6 Universitas Pertamina mengapresiasi para wisudawan yang telah menyelesaikan masa studi di tengah komdisi dunia yang sedang berjuang melawan COVID-19. Tidak hanya menyelesaikan studi dengan baik, para alumni juga berhasil meraih sejumlah prestasi yang gemilang di berbagai bidang.

Astri Yana salah satu wisudawan berprestasi dari program Studi Manajemen, memiliki ketertarikan pada kegiatan sociopreneur. Alumni asal Palembang ini kini sedang mengembangkan sebuah platform sociopreneur yang diberi nama SATU, yaitu singkatan dari ‘Saling Bantu’.

Ini adalah sebuah aplikasi yang bertujuan untuk membantu masyarakat yang memiliki barang-barang layak pakai akan tetapi tidak digunakan untuk dijual dan hasilnya di donasikan melalui peran organisasi sosial kemasyarakatan. Hal ini diungkapkan Asri dalam acara wisuda ke-6 Universitas Pertamina di Graha Pertamina. Menurut Asri, donator, pembeli, dan penerima donasi dapat saling terhubung satu sama lain.

Penjualan barang bekas dilakukan dengan sistem lelang. Selain donasi lelang, aplikasi ini juga memiliki dua fitur lain yaitu donasi barang dan patungan berkah. Ide bisnis Astri ini, pernah memenangkan Gold Award di Acara Internasional Business Idea Challenge (IBIC) yang dilaksanakan oleh Malaysia Multimedia University pada tahun 2020 lalu.

Astri selain mengikuti kegiatan sosial diluar kampus, juga merupakan salah satu pengajar sukarela, dalam kegiatan mentoring belajar untuk sekolah Dasar besutan Universitas Pertamina yang bernama Temani Aku Untuk Belajar. Melalui keaktifan di berbagai kegiatan sukarela inilah Astri menjadi semakin tertarik dengan sociopreneur.

Industri Sociopreneur di Indonesia masih didominasi oleh usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Ini sangat berpotensi menyerap tenaga kerja wanita dan disable, yang memiliki keterbatasan bekerja di perusahaan makro,” tutur penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina ini.

British Council mencatat, selama lima tahun terakhir tren kegiatan sociopreneur atau social enterprises di Indonesia meningkat hingga 70 persen. Dan sebanyak 67 persen dari 1,388 organisasi dan unit usaha sosial yang disurvei oleh British Council, dipimpin oleh millenials dan generasi z, yang berada antara usia 18 hingga 34 tahun.

Hingga tahun 2018 menurut riset British Council, industry sociopreneur berkontribusi sebesar 1.91 persen dari PDB Indonesia. Angka ini setara dengan 19.4 milliar Rupiah. Industry kreatif menjadi sector usaha yang paling banyak jumlahnya dengan total 22 persen. Dilanjutkan dengan agrikultur dan perikanan 16 persen, pendidikan 15 persen, dan layanan 13 persen.

Astri adalah salah satu mahasiswa penerima Beasiswa Ekonomi Universitas Pertamina selama 7 semester. Rektor Universitas Pertamina, Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D., mengatakan, untuk Tahun Akademik 2022/2023, Universitas Pertamina menyiapkan beasiswa dengan total nilai 22,5 miliar rupiah untuk mendorong prestasi mahasiswa.

Universitas Pertamina telah meluluskan 326 sarjana dari 15 program studi. Dan dari jumlah tersebut, 93 wisudawan atau 28,5 persen diantaranya berhasil meraih predikat cumlaude. Sebanyak  56 persen wisudawan berasal dari program studi sains dan teknologi, dan 44 persen wisudawan berasal dari program studi sosial. 

Selain program beasiswa, Universitas Pertamina juga mendorong prestasi melalui kerja sama dengan berbagai mitra internasional. Saat ini, tak kurang dari 33 mitra internasional dimiliki oleh Universitas Pertamina. Kerja sama dengan para mitra mencakup kolaborasi untuk program pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen pengajar, program pendek berupa internship dan summer program, program adjuct professor, kolaborasi penelitian, program dual degree, dan training and outreach.

Sekarang ini Kampus Teknologi Bisnis Energi atau Universitas Pertamina sedang membuka pendaftaran Seleksi Nilai Rapor (non Tes) dan ujian Masuk Online untuk Tahun Akademik 2022/2023. Untuk informasi lengkapnya mengenai program studi dan syarat pendaftaran dapat diakses melalui https://pmb.universitaspertamina.ac.id.

Baca Juga:
Singapura Dinobatkan Sebagai Negara Paling Aman di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Singapura Dinobatkan Sebagai Negara Paling Aman di Dunia, Indonesia Peringkat Berapa?

Mancanegara      

2 Nov 2020 | 689


Aghil - Salah satu lembaga survei dunia, Gallup baru-baru ini merilis data negara-negara dengan kondisi paling aman di dunia. Hasil ini didapat dari jawaban orang mengenai keamanan dirinya ...

Apa Saja Kemampuan yang Diperlukan untuk Menjadi Youtuber?

Apa Saja Kemampuan yang Diperlukan untuk Menjadi Youtuber?

Tips      

9 Jun 2024 | 13


Seiring dengan perkembangan teknologi, profesi sebagai seorang "Youtuber" semakin diminati. Banyak orang yang ingin memulai karir di dunia YouTube karena dinilai menjanjikan. ...

Big One Platform Khusus dari Telkom Untuk Mengimplementasikan Satu Data Indonesia

Big One Platform Khusus dari Telkom Untuk Mengimplementasikan Satu Data Indonesia

Nasional      

25 Nov 2021 | 532


Satu data Indonesia atau big data adalah sebuah istilah yang menjelaskan volume besar sebuah data. Baik terstruktur ataupun tidak terstruktur yang seringkali digunakan pada dunia bisnis ...

Keberlanjutan dan Dampak Lingkungan: Memikirkan Masa Depan Melalui Teknologi dalam Sistem Informasi

Keberlanjutan dan Dampak Lingkungan: Memikirkan Masa Depan Melalui Teknologi dalam Sistem Informasi

Pendidikan      

18 Agu 2023 | 164


Dalam era di mana teknologi terus berkembang dengan laju yang mengejutkan, penting bagi kita untuk tidak hanya memikirkan inovasi dan efisiensi, tetapi juga memperhitungkan dampak ...

Industri Sociopreneur Menjadi Tren Karir Terbaru Bagi Generasi Milenial

Industri Sociopreneur Menjadi Tren Karir Terbaru Bagi Generasi Milenial

Nasional      

11 Jun 2022 | 432


Prof. Ir. I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja, Ph.D Rektor Universitas Pertamina atau Kampus Energi, dalam sambutannya, Sabtu (21/5)  di acara wisuda ke-6 Universitas Pertamina mengapresiasi ...

Viral! Untuk Tidur, Wanita Ini Butuh Basahi Celana dan Kakinya, Netizen: Turunan Mermaid!

Viral! Untuk Tidur, Wanita Ini Butuh Basahi Celana dan Kakinya, Netizen: Turunan Mermaid!

Nasional      

19 Okt 2020 | 958


Aghil - Tidur menjadi sebuah proses istirahat yang diperlukan bagi manusia. Sebagian indvidu perlu melakukan sebuah 'ritual' agar dirinya bisa tidur dengan nyenyak. Misalnya dengan ...