RajaKomen

Usulan Kenaikan Biaya Perjalanan Haji 2023 Menjadi Rp 69 Juta, Timbulkan Polemik Publik

7 Feb 2023  |  292x | Ditulis oleh : Miao
Usulan Kenaikan Biaya Perjalanan Haji 2023  Menjadi Rp 69 Juta, Timbulkan Polemik Publik

Pada tahun 2023 ini Biaya Perjalanan Ibadah Haji atau BIPIH atau dikenal dengan Biaya Haji diusulkan naik menjadi Rp 69 juta, berbanding terbalik dibandingkan dengan 2022 yang hanya 39 juta. Apabila disepakati maka dana sebesar Rp 69 juta tersebut akan dibebankan kepada Jemaah. Sebenarnya diluar biaya Rp 69 juta terdapat nilai manfaat Rp 29 juta yang berasal dari pengelolaan dana haji oleh Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH).

Jika dijumlah biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH) atau dahulu bernama Ongkos Naik Haji menjadi Rp 98 juta. Pada 2023 ini, Kementerian Agama mengusulkan BPIH sebesar Rp 98.893.909 per orang. Dari jumlah tersebut, sekitar 70% dibebankan pada Jemaah. Dan sisanya berasal dari manfaat dana haji yang dikelola Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH). Usulan ini menyebabkan menjadi berita viral dan banyak yang mempertanyakan akan usulan tersebut.

Usulan kenaikan biaya haji 2023 menjadi Rp 69 juta dibanding sebelum Rp  39 juta tidak adil bagi calon Jemaah haji. Terlebih sebagian besar dari mereka memiliki kemampuan ekonomi tergolong menengah ke bawah dikarenakan pekerjaannya seperti buruh, nelayan, petani, dan pedagang. Dimana  untuk  mendaftar haji saja mereka perlu menabung bertahun-tahun.

Seperti kita ketahui, sebelum mendaftar haji regular, jamaah diwajibkan membayar biaya haji wajib dibayar Rp 25 juta maka sisa yang harus dilunasi adalah Rp 44 juta. Padahal dengan simulasi sedrhana, apabila setoran awal Rp 25 juta dan asumsi bunga per tahununtuk masa tunggu 15 tahun, seharusnya uang yang dilunasi para calon jamaah haji tidak terlalu besar.

Besarnya biaya haji yang dibebankan kepada Jemaah pada tahun ini dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal menimbulkan  pertanyaan publik bagaimana sesungguhnya pengelolaan dana haji yang dilakukan BPKH? Apabila pengelolaannya benar, seharusnya nilai manfaat akan cepat bertambah. Jika nilai manfaat dana haji mengalami kenaikan, masalah berkelanjutan dan keadilan tidak perlu menjadi persoalan.

Dari Rp 25 juta uang  jamaah setelah 16 tahun dengan bunga deposito 5% akan mencapai Rp 54 juta. Akan tetapi pengelolaan dana haji oleh BPKH membuat hal tersebut tidak terwujud, sehingga jamaah masih harus menambah banyak kekurangannya.

Nilai manfaat keuangan haji juga tidak optimal karena biaya operasional BPKH diambil dari jemaah. Sebelum ada BPKH, tidak ada biaya operasional dan gaji yang nilainya cukup besar. Untuk diketahui, sebelum ada BPKH pengelolaan dana haji berada di bawah Ditjen Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kemenag.

Kurang optimalnya pengelolaan dana haji  yang ditandai dengan banyaknya biaya  haji yang  dibayar calon jamaah haki diakui pemerintah. Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas dalam raker  di Komisi VIII DPR mengatakan kebijakan  formulasi komponen BPIH dilakukan  untuk menyeimbangkan besaran beban jamaah dengan keberlangsungan nilai manfaat BPIH di masa mendatang. Pembebanan BPIH harus  menjaga prinsip istitha’ah dan likuiditas  penyelenggaraan ibadah haji tahun-tahun selanjutnya.

Selama ini, nilai manfaat dari dana haji yang dikelola oleh BPIH terlalu besar dan cenderung tidak sehat, sementara  setoran awal jamaah  haji  tetap Rp 25 juta selama dua dekade terakhir. Dan situasi ini yang menekan dana haji yang  dikelola BPKH. Apalagi dengan kuota yang kembali normal pada 2023 sebanyak 221.000 jemaah.

Ikuti info viral lainnya, kunjungi situs satuviral.com sebagai salah satu situs yang memberikan berbagai informasi terkini baik berita lokal maupun mancanegara.

Baca Juga:
Tips Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Tips Mudah Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Herbal      

22 Okt 2020 | 709


Akhir akhir ini dibeberapa kota, cuaca belum bersahabat. Terkadang panas sangat terik lalu esoknya hujan sangat deras. Tanpa persiapan membawa jas hujan atau payung setiap hari, mereka ...

Efektivitas Jasa Review dalam Industri Kesehatan

Efektivitas Jasa Review dalam Industri Kesehatan

Ulasan      

14 Jul 2024 | 7


Industri kesehatan merupakan salah satu sektor yang terus berkembang dengan pesat seiring dengan perubahan gaya hidup masyarakat. Dalam konteks ini, layanan review atau jasa review memiliki ...

Fungsi Backlink untuk SEO Off Page

Fungsi Backlink untuk SEO Off Page

Tips      

26 Jun 2024 | 27


Backlink merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia Search Engine Optimization (SEO), terutama ketika mendiskusikan strategi SEO Off Page. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih ...

Mengenal Lebih Dekat Sosok Prabowo Subianto si Macan Asia

Mengenal Lebih Dekat Sosok Prabowo Subianto si Macan Asia

Nasional      

9 Jun 2024 | 52


Prabowo Subianto adalah salah satu tokoh politik dan militer terkemuka di Indonesia. Lahir di Jakarta pada 1951, Prabowo dikenal sebagai sosok yang memiliki keberanian, kegigihan, dan ...

Mengapa Keluarga Kaya China Memilih Hong Kong untuk Family Office?

Mengapa Keluarga Kaya China Memilih Hong Kong untuk Family Office?

Nasional      

26 Jun 2024 | 20


Keluarga kaya China semakin memilih Hong Kong sebagai lokasi untuk mendirikan family office mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor yang membuat Hong Kong menjadi pusat keuangan ...

https://masoemuniversity.ac.id/

Rahasia Sukses Lulus Cumlaude di Kelas Karyawan Bandung

Pendidikan      

4 Jul 2024 | 17


Kelas karyawan semakin diminati oleh banyak kalangan karena memberikan kesempatan bagi mereka yang bekerja untuk tetap dapat menyelesaikan pendidikan formal. Meskipun demikian, menjadi ...