rajatraffic

Tips Optimalisasi Sistem Keamanan Data yang Bisa Diterapkan Pada Usaha UMKM

26 Maret 2021  |  86x | Ditulis oleh : Miao
Tips Optimalisasi Sistem Keamanan Data yang Bisa Diterapkan Pada Usaha UMKM

Keamanan data adalah salah satu faktor yang paling penting yang harus dijaga oleh sebuah perusahaan. Untuk bisnis berskala besar atau perusahaan dengan jaringan luas, prioritas keamanan diutamakan melalui sistem keamanan yang optimal. Pengertian sistem keamanan dalam sebuah bisnis adalah upaya keamanan komputer yang dilakukan untuk mengamankan kinerja dan proses komputer

Umumnya optimalisasi sistem keamanan data atau komputer didukung oleh pendanaan. Dan inilah yang menimbulkan rasa mnder bagi para pelaku bisnis kecil dan menengah. Sedangkan dampak dari kurangnya pendanaan untuk sistem keamanan data itu adalah kebocoran yang berpengaruh kerugian besar bagi pelaku bisnis kecil dan menengah. Padahal berbagai macam ancaman keamanan data itu dapat dipicu oleh beragam sebab mulai dari ulah hacker, malware, pembobolan kartu kredit, karyawan yang curang, kehilangan perangkat, kehilangan perangkat atau kejadian tertentu yang merugikan perusahaan.

Untuk masalah optimalisasi keamanan data masih bisa ditangani lebih hemat. Memang ada biaya yang dibutuhkan tetapi tidak akan menguras modal besar. Berikut ini beberapa tips keamanan data yang bisa diterapkan bagi pelaku bisnis kecil dan menengah.

  • Mengamankan Laptop dan Dokumen Secara Fisik

Pastikan semua akses laptop dan perangkat persahaan menggunakan password dan disimpan ditempat yang aman. Termasuk semua dokumen cetak yang penting. Teliti dan disiplin menyimpan perangkat dan dokumen akan mengoptimalkan keamanan data.

  • Menggunakan Koneksi Wireless yang Aman

Ini merupakan level keamanan yang sangat seerhana. Lindungi koneksi wireless dengan menggunakan proteksi password. Dan ada baiknya memberi himbauan agar karyawan Anda berhati-hati saat mengakses data kantor di tempat umum dengan wifi public.

  • Mengecek Latar Belakang Karyawan Baru

Perusahaan mempunyai hak untuk mengecek latar belakang karyawan yang bau masuk. Dengan tujuan menyeleksi tidak hanya dari kualitas, akan tetapi bagaimana ia nantinya bisa dipercaya dalam kerangka operasional perusahaan.

  • Update Software

Cara ini adalah cara yang mendasar dan sederhana. Kebanyakan perusahaan kecil dan menengah lupa untuk meng-update software mereka. Karena penggunaannya yang tidak terlalu intesif. Tetapi jangan abaikan dan selalu update software termasuk antivirus.

  • Hancurkan Hard Copy Dokumen Lama

Untuk efisiensi ruang kerja yang lebih nyaman, semua bentuk dokumen lama yang sudah tidak terpakai seharusnya tidak selamanya disimpan. Jangan buang ditempat yang dianggap aman, tapi langsung musnahkan.

  • Gunakan Password Aman dan Ganti Secara Rutin

Tentunya Anda harus membuat dan menggunakan password yang aman. Tetapi tidak cukup itu saja karena password harus diganti secara berkala. Penggantian password secara berkala menjamin sistem keamanan yang lebih optimal.

  • Back-up Data

Risiko sekecil apapun bisa saja terjadi.dan jika sampai terjadi ancaman keamanan yang mengincar data perusahaan Anda, mustahil bisa mengembalikan semua data yang sudah hilang. Oleh karena itu sering-seringlah melakukan back-up data keamanan perusahaan yang dikelola.

Untuk keamanan yang optimal, kebutuhan di perusahaan juga harus ditunjung oleh aplikasi dan sistem terbaik. Pengelolaan bisnis UMKM Anda akan lebih aman dan nyaman jika memakai aplikasi dan software yang tepat dan juga dengan sistem keamanan jaringan computer yang aman. Berbicara tentang keamanan jaringan, tentunya Anda bertanya-tanya Apa itu keamanan jaringan? Keamanan jaringan adalah perangkat yang digunakan untuk mengidentifikasi sekaligus untuk mencegah penyusupan maupun penggunaan yang tidak sah dalam suatu jaringan computer.

Walaupun memberikan banyak kemudahan, jaringan nirkabel atau wireless memiliki kelemahan yakni dapat diakses melewati tembok, setidaknya dalam radius 300 meter hanya dengan menggunakan laptop. Hal inilah yang membuat jaringan nirkabel sangat mudah ditembus oleh penyusup. Oleh karena penting bagi Anda untuk menggunakan sistem keamanan jaringan yang mumpuni untuk meminimalisir penyusupan.

Demikianlah pembahasan mengenai sistem keamanan jaringan untuk bisnis UMKM. Untuk informasi lebih banyak lagi seputar sistem keamanan data, jaringan dan informasi seputar teknologi lainnya, Anda bisa mengunjungi situs teknologi www.teknopedia.co.id.

Berita Terkait
Baca Juga:
Cobalah 7 Varian Olahan Sambal Terasi yang Harus Dicicipi

Cobalah 7 Varian Olahan Sambal Terasi yang Harus Dicicipi

Kuliner      

29 Jun 2020 | 236


Sambal terasi menjadi makanan yang sangat menggiurkan dan pelengkap berbagai masakan. Menariknya, kini terdiri lebih dari satu olahan dengan menggunakan bahan tertentu. Rasanya yang nikmat ...

Pandangan Ustadz Felix Siauw Terhadap Program Nasional Wakaf Dari Pemerintah

Pandangan Ustadz Felix Siauw Terhadap Program Nasional Wakaf Dari Pemerintah

Ulasan      

29 Jan 2021 | 177


Pemerintahan Jokowi resmi meluncurkan program nasional wakaf, sangat berbanding terbalik dengan perlakuan rezim terhadap muslim di Indonesia yang seperti sangat dilarang untuk mengkritik ...

3 Kegiatan Olahraga yang Bisa Membuat Tubuh Anda Lebih Cepat Tua

3 Kegiatan Olahraga yang Bisa Membuat Tubuh Anda Lebih Cepat Tua

Sport      

30 Jun 2020 | 239


Budaya hidup sehat dengan berolahraga semakin populer di kalangan masyarakat. Ada berbagai alasan di balik kepopulerannya rutinitas hidup sehat ini, ada yang  ingin mengurangi berat ...

4 Trik Mudah Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

4 Trik Mudah Agar Bahan Makanan Lebih Tahan Lama

Kuliner      

19 Okt 2020 | 154


Aghil - Belanja bulanan menjadi sebuah kegiatan yang perlu dilakukan. Terlebih lagi pada masa pandemi saat ini, menggunakan konsep belanja bulanan akan mengurangi kegiatan kita di luar ...

Viral! Untuk Tidur, Wanita Ini Butuh Basahi Celana dan Kakinya, Netizen: Turunan Mermaid!

Viral! Untuk Tidur, Wanita Ini Butuh Basahi Celana dan Kakinya, Netizen: Turunan Mermaid!

Nasional      

19 Okt 2020 | 154


Aghil - Tidur menjadi sebuah proses istirahat yang diperlukan bagi manusia. Sebagian indvidu perlu melakukan sebuah 'ritual' agar dirinya bisa tidur dengan nyenyak. Misalnya dengan ...

5 Tempat Wisata Terbaik Di Polandia Yang Sering Dikunjungi

5 Tempat Wisata Terbaik Di Polandia Yang Sering Dikunjungi

Wisata      

9 Sep 2020 | 182


Polandia merupakan sebuah negara Uni Eropa yang terletak di wilayah Eropa Tengah. Negara ini secara geografis terletak diantara Laut Baltik disebelah utara serta adanya deretan Pegunungan ...