MU

Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

7 Jul 2020  |  33x | Ditulis oleh : Miao
Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Belakangan ini, bekerja cerdas merupakan konsep yang paling menarik karena anda tahu kalau segala masalah tidak bisa diselesaikan dengan bekerja keras, hanya melalui bekerja cerdas, berbagai masalah terutama yang rumit bisa diselesaikan.

Sebagai buktinya, masalah-masalah besar di dunia ini dapat teratasi oleh orang-orang yang bekerja cerdas seperti Bill Gates dengan software microsoft, Jeff Bezos dengan situs ecommerce, Steve Jobs dengan smartphonenya, dan seterunya.

Bekerja cerdas terbukti sangat efektif karena bekerja cerdas akan menyediakan si pekerjanya dengan ide atau inovasi yang dapat memecahkan masalah kompleks.

Dengan ini, masyarakat zaman sekarang sudah menyadari kalau bekerja cerdas adalah sesuatu yang lebih penting, tetapi kebanyakan yang orang tidak tahu adalah bagaimana cara untuk bekerja cerdas.

Lalu bagaimana cara untuk bekerja cerdas, bukan bekerja keras?

Berikut caranya:

1. Fokus pada hasil bukan waktu

Konsep pertama dari bekerja cerdas adalah fokus pada hasil bukan waktu, apa artinya?

Artinya anda harus menentukan kegiatan mana saja yang dapat membawakan hasil besar, bukan fokus pada seberapa lama anda mengerjakan tugas.

Jika anda fokus pada waktu, maka anda tidak ada bedanya dengan mengerjakan tugas manual yang dipegang oleh buruh pabrik.

2. Fokus pada kelebihan bukan kekurangan

Setiap orang tentu memiliki kelebihan dan kekurangan sendiri. Bagi anda yang ingin bekerja cerdas, anda perlu fokus pada kelebihan anda 100% karena jika anda fokus pada kekurangan, anda akan menghabiskan waktu anda untuk menutupi kelemahan selamanya.

Maka dari itu, fokus pada hal-hal yang anda pahami. Tugas yang tidak Anda mengerti bisa diserahkan kepada orang lain yang jauh lebih pintar daripada anda.

3. Buat to do list

Sebelum anda mulai bekerja, luangkan beberapa menit untuk membuat daftar to do list untuk kegiatan harian hingga bulanan. Dengan begini, anda membuat pekerjaan anda lebih tertata dan memudahkan anda dalam menentukan tugas apa yang perlu dikerjakan dalam satu waktu.

4. Tetap fleksibel

Meskipun anda memiliki daftar to do list, bukan berarti kalau anda harus terpaku pada jadwal itu. Anda harus bisa menjadi orang yang fleksibel untuk mengantisipasi perubahan jika tugas mendesak tiba-tiba muncul di meja anda.

Dengan begini, anda tidak akan kewalahan dan terbiasa dalam mengantisipasi perubahan.

5. Ketahui waktu produktif anda

Fakta unik seputar orang adalah setiap orang memiliki waktu produktifnya. Ada yang semangat ketika bekerja di pagi hari, ada yang bekerja di malam hari, dan ada yang bekerja di sore hari.

Hasil dari seseorang yang bekerja 4 jam di waktu produktifnya terbukti lebih maksimal daripada mereka yang bekerja 8 jam sehari.

Anda mungkin masih belum tahu kapan waktu produktivitas anda. Untuk itu, lakukan eksperimen di sepanjang hari dan perhatikan di waktu mana anda paling produktif.

6. Istirahat yang cukup

Istirahat merupakan hal yang paling penting karena anda tidak bisa memaksakan otak anda untuk bekerja berjam-jam hingga selesai. Kalau anda melakukannya, maka anda sedang menghukum otak sendiri yang akan berdampak buruk pada performa anda ke depannya.

Maka dari itu, setiap kali anda mengerjakan tugas, ambil sedikit waktu istirahat dan lanjutkan tugas itu lagi.

Contohnya, setelah anda bekerja 25 menit, ambil waktu 5 menit untuk istirahat dan ulangi lagi. Setelah tugasnya selesai, anda baru bisa mengambil istirahat yang lebih panjang. Cara ini dikenal dengan teknik Pomodoro

7. Ulas pekerjaan Anda

Sebelum anda tidur dan tugas masih belum selesai, pastikan anda mengulas kesulitannya karena hal ini akan membuat pikiran anda untuk bekerja maksimal secara tidak sadar. Keesokan harinya, anda akan memiliki ide yang cemerlang untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Baca Juga:
Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Tips      

7 Jul 2020 | 33


Belakangan ini, bekerja cerdas merupakan konsep yang paling menarik karena anda tahu kalau segala masalah tidak bisa diselesaikan dengan bekerja keras, hanya melalui bekerja cerdas, ...

Asal Usul Istilah "Lelaki Hidung Belang" Ternyata Ada Sejarahnya

Asal Usul Istilah "Lelaki Hidung Belang" Ternyata Ada Sejarahnya

Ulasan      

9 Jul 2020 | 33


Sampai saat ini penyebutan istilah pria atau lelaki hidung belang masih banyak terdengar dan terucap dari masyarakat Indonesia, sebenarnya senakal apapun pria atau laki-laki belum pernah ...

Manfaat SEO Untuk Website dan Bisnis Online

Manfaat SEO Untuk Website dan Bisnis Online

Tekno      

29 Jul 2020 | 14


Untuk membangun sebuah website diperlukan banyak tahapan sampai pada akhirnya website dapat dipublikasikan. Website yang sudah dipublish tidak langsung mendapatkan pembaca atau visitor. ...

Rekomendasi Brand Bola Futsal Terbaik

Rekomendasi Brand Bola Futsal Terbaik

Sport      

22 Mei 2020 | 67


Futsal merupakan olahraga yang hampir mirip dengan sepak bola. Sehingga banyak orang awam yang menganggapnya sama. Padahal dari segi pemain dan bola juga sudah jauh berbeda. Pemain sepak ...

3 Bahaya Cornering ala MotoGP di Jalan Raya

3 Bahaya Cornering ala MotoGP di Jalan Raya

Tips      

29 Jun 2020 | 38


Masih ingat video yang tengah viral di media sosial sebelumnya? Itu lho video pengendara sepeda motor yang ngebut di jalan berbelok tajam atau tikungan. Karena tindakan kebut-kebutan ...

5 Barang yang Tidak Boleh Anda Simpan dalam Bagasi Motor

5 Barang yang Tidak Boleh Anda Simpan dalam Bagasi Motor

Ulasan      

2 Jul 2020 | 42


Sepeda motor adalah salah satu moda transportasi favorit banyak orang Indonesia untuk bepergian. Salah satu alasannya adalah sepeda motor praktis penggunaannya. Selain itu, sepeda motor ...