MU

6 Manfaat Media Pembelajaran, Wajib Diketahui Demi Pencapaian Optimal

2 Jul 2020  |  128x | Ditulis oleh : Miao
6 Manfaat Media Pembelajaran, Wajib Diketahui Demi Pencapaian Optimal

Media pembelajaran dewasa ini semakin digencarkan pada ranah pendidikan. Media semakin disadari betapa pentingnya sebagai sarana pendukung pembelajaran. Media memberikan manfaat yang luar biasa bagi siswa diantaranya sebagai berikut.

1. Memberikan Pengalaman Nyata

Media pembelajaran diantaranya, visual, auditorial, hingga animasi. Animasi diciptakan menyerupai realita. Video yang terkesan nyata seakan memberikan pengalaman sesungguhnya tanpa mendatangi peristiwa tersebut. Pengalaman nyata akan lebih mengena dan lebih mudah diingat.

2. Memberikan Informasi yang Tidak Diketahui Sebelumnya

Seringkali dalam mempelajari sesuatu, siswa merasa asing dengan pelajarannya. Sejatinya setiap siswa ketika mempelajari sesuatu akan terbentuk imajinasi. Jika tidak mengetahui bentuk dari materi yang sedang dipelajari, maka imajinasi akan sulit terbentuk. Dengan media gambar, membantu siswa dalam mengimajinasikan maksud dari materi.

3. Memperlihatkan Benda yang Tidak Tertangkap Mata

Benda yang ada disekitar ada yang berukuran besar, bahkan ada yang sangat kecil. Benda yang berukuran sangat kecil seperti halnya, bakteri, virus, dan senyawa kimia lainnya tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. Media yang tersampaikan bisa memperlihatkan benda kimia yang diperbesar ukurannya. Alhasil, tampak jelas dan memudahkan siswa membayangkan benda yang sedang dipelajari.

4. Dapat Menyederhanakan Konsep yang Terkesan Rumit

Terdapat sebagian materi pembelajaran yang mungkin menurut siswa rumit. Siswa pun kurang memahami akan konsep tersebut. Jika hal ini dibiarkan siswa mengambil alternatif menghafalkan materi dan pembelajaran yang dilakukan siswa tidak bermakna. Solusinya dengan menyederhanakan konsep dalam suatu media kreatif seperti halnya konsep, gambar, dan video yang merangkum.

5. Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Siswa akan belajar dengan sungguh-sungguh jika mendapatkan motivasi atau dorongan untuk belajar. Ketidak adanya motivasi membuat siswa enggan belajar. Motivasi bisa dipicu dengan penyampaian yang menarik dari suatu pembelajaran. Siswa cenderung tertarik dengan penyampaian materi pembelajaran multimedia daripada guru berceramah.

6. Setiap Media Memiliki Fungsi Masing-Masing

Berbagai pilihan media sebaiknya menyesuaikan dengan kondisinya. Penerapan media yang tepat dapat menghasilkan pencapaian sesuai harapan. Media yang diterapkan berdasarkan dari tujuan pencapaian. Sebagai contoh, media cetak lebih cocok diperuntukkan sebagai sarana memahami bacaan. Sedangkan, video peruntukannya berkaitan dengan sifat motorik, gerakan dan aktivitas.

Media pembelajaran patut terus dikembangkan dalam pembelajaran sekarang ini. Demi mencerdaskan anak bangsa, perlu menciptakan kualitas dan fasilitas pembelajaran secara kreatif. Sudah mengertikah manfaat media? Ya, pembelajaran dengan pengembangan inovasi media ini dapat memberikan dampak positif akan efektivitas belajar siswa.

 

Baca Juga:
Asal Usul Istilah "Lelaki Hidung Belang" Ternyata Ada Sejarahnya

Asal Usul Istilah "Lelaki Hidung Belang" Ternyata Ada Sejarahnya

Ulasan      

9 Jul 2020 | 142


Sampai saat ini penyebutan istilah pria atau lelaki hidung belang masih banyak terdengar dan terucap dari masyarakat Indonesia, sebenarnya senakal apapun pria atau laki-laki belum pernah ...

5 Manfaat Susu Hangat Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kadar Gula Darah

5 Manfaat Susu Hangat Bagi Kesehatan Tubuh, Bisa Jaga Kadar Gula Darah

Herbal      

27 Okt 2020 | 22


Aghil - Susu hangat tanpa gula memiliki banyak khasiat bagi kesehatan tubuh. Beberapa diantaranya mampu menjaga kadar gula darah, menjaga berat badan, hingga tidur nyenyak. Susu dikenal ...

3 Objek Wisata Unik Di Kabupaten Buleleng Bali

3 Objek Wisata Unik Di Kabupaten Buleleng Bali

Wisata      

15 Jul 2020 | 99


Indonesia memang dikenal sebagai negara yang memiliki banyak tempat-tempat wisata yang sangat indah mempesona. Sehingga tidak heran kalau Indonesia ini menjadi salah satu negara destinasi ...

Mix Dan Match Jaket Jeans Untuk Acara Formal

Mix Dan Match Jaket Jeans Untuk Acara Formal

Fashion      

18 Mei 2020 | 191


Jaket jeans adalah salah satu jenis jaket yang diperuntukan untuk anak muda. Anak muda biasanya akan menggunakan jaket jeans untuk tampilan yang kasual. Sebagai outfit kuliah atau juga ...

dua

dua

Fashion      

1 Des 2020 | 3


...

Mengenal Bangkerok, Pizza Ala Orang Sunda

Mengenal Bangkerok, Pizza Ala Orang Sunda

Kuliner      

14 Nov 2020 | 14


Aghil - Indonesia memiliki beragam makanan khas dari berbagai daerah. Salah satunya adalah bangkerok. Makanan khas Sunda yang bentuknya terlihat seperti pizza. Akun instagram ...