hijab.id

Inilah 5 Gunung yang Masih Aktif Di Indonesia

14 Jul 2020  |  37x | Ditulis oleh : Miao
Inilah 5 Gunung yang Masih Aktif Di Indonesia

Indonesia populer akan kekayaan alamnya yang sangat luar biasa indah mulai dari pegunungan hingga pantai, menjadi salah satu daya tarik yang dimiliki dan tidak bisa didapatkan di negara lainnya. Namun Indonesia juga memiliki gunung yang cukup banyak loh, terutama beberapa gunung.

Berikut ini nyatanya masih aktif dan bisa saja mengeluarkan lahar panas, sehingga harus berhati-hati di mana saja gunung yang masih aktif di indonesia.

1. Gunung Kelud

Gunung pertama datang dari daerah kabupaten Kediri dan juga kabupaten Blitar. Dengan nama Gunung Kelud, gunung ini merupakan perbatasan antara tiga daerah yaitu Kediri Blitar dan juga Malang letusan hebat. Gunung Kelud ini berhasil dicatat dalam Kitab Negarakertagama Karangan Mpu Prapanca yang dtuliskan ratusan tahun yang lalu.

Disebutkan bahwa gunung kelud meletus pada tahun 1334. Selain itu gunung ini juga kembali aktif pada tahun 1919, 1990 dan juga 2010. Namun letusan terakhir yang cukup membahayakan sehingga menumpahkan material vulkanik air panas dan juga lahar serta asap, yaitu pada 3 November 2017 itu.

Letusan dahsyat ini juga mampu mengirimkan hujan abu. Kedua kota di sekitarnya seperti Solo dan Jogja pada tahun 2014. Hingga saat ini Gunung Kelud masih aktif dan bisa saja mengeluarkan lahar kapanpun.

2. Gunung Sinabung

Selain gunung kelud ada juga Gunung Sinabung yang masih aktif dan tentu saja berbahaya. Kita masih ingat bagaimana gunung ini berada di ketinggian 2451 di daerah dataran tinggi Karo, yang ternyata telah tertidur selama 400 tahun.

Namun harus kembali aktif pada tahun 2010 dan mulai meletus pada tahun 2013. Dicatat berdasarkan data yang dimiliki oleh pemerintah gunung yang mengeluarkan letusan, hingga februari 2018 lalu dan masih tetap aktif status yang dimiliki oleh Gunung Sinabung adalah status waspada. Sehingga masyarakat yang tinggal di area sekitar harus dievakuasi.

3. Gunung Soputan

Gunung Soputan menjadi gunung selanjutnya yang ternyata masih aktif dan juga berbahaya bagi masyarakat disekitarnya, gunung yang berada di daerah Minahasa Tenggara Provinsi Sulawesi Utara ini meletus pada 3 oktober 2018 disertai dengan abu vulkanik yang cukup tinggi, mencapai 4000 meter mengarah ke barat laut.

Namun gunung ini pertama kali meletus pada tahun 1785 dan letusan dahsyat selanjutnya terjadi berturut-turut dalam tahun 1900-an. Terakhir letusan dahsyat yang terjadi pada tahun 1966 di kawasan hutan yang menyebabkan hujan abu setelah 10 cm di kawasan sekitarnya. Menurut sejarah letusan Gunung Soputan paling hebat terjadi tahun 1982, yang menyebabkan hujan abu dengan ketebalan kurang lebih 30 cm dan menutupi rumah warga.

4. Gunung Bromo

Gunung Bromo merupakan salah satu destinasi wisata yang paling menarik perhatian masyarakat indonesia ataupun luar neger.i namun siapa sangka gunung ini ternyata masih memiliki kondisi aktif dan juga berbahaya sepanjang 20 abad hingga abad ke-21.

Bromo telah berhasil meletus 68 kali dan terakhir terjadi pada 10 januari 2016. Bromo masih aktif dan mengeluarkan letusan eksplosif disertai dengan gempa yang berjarak kurang lebih 10 km persegi ke sekitarnya. Gunung ini memang masih berbahaya dan ketika aktif Gunung Bromo akan ditutup untuk wisatawan.

5. Gunung Lokon

Sulawesi Utara menjadi area lain yang memiliki gunung berapi aktif di indonesia yang cukup berbahaya Gunung Lokon merupakan salah satu gunung yang terletak di Tomohon, dan menjadi kembaran dari gunung empung.

Gunung berapi yang meletus pada tahun 2015 ini memang menimbulkan kepanikan karena mengakibatkan terjadinya gempa, disertai dengan menerbangkan material vulkanik yang menyebar ke arah timur dan juga utara dari gunung tersebut. Selain itu aktivitas gunung kembali tercatat aktif pada tahun 2018 yang menyebabkan tingkat dari gunung tersebut berupa level 2 atau status waspada.

Berita Terkait
Baca Juga:
Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Cara Untuk Bekerja Cerdas, Bukan Bekerja Keras

Tips      

7 Jul 2020 | 33


Belakangan ini, bekerja cerdas merupakan konsep yang paling menarik karena anda tahu kalau segala masalah tidak bisa diselesaikan dengan bekerja keras, hanya melalui bekerja cerdas, ...

Kegunaan Sicilia Gel Yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

Kegunaan Sicilia Gel Yang Mungkin Belum Pernah Anda Ketahui Sebelumnya

Ulasan      

30 Jun 2020 | 74


Ketika anda membeli suplemen atau obat-obatan dari farmasi atau ketika anda membeli tas baru dari toko favorit, anda tentu akan menemukan butiran putih kecil yang dikemas oleh kertas putih ...

5 Tips Membuat Roadmap Start Up

5 Tips Membuat Roadmap Start Up

Tekno      

29 Jun 2020 | 40


Era kini adalah era di mana orang-orang banyak mendirikan start-up. Bisnis rintisan mandiri menjadi pilihan utama bagi mereka yang tidak mendapatkan pekerjaan, atau memang sudah berencana ...

Cobalah 7 Varian Olahan Sambal Terasi yang Harus Dicicipi

Cobalah 7 Varian Olahan Sambal Terasi yang Harus Dicicipi

Kuliner      

29 Jun 2020 | 46


Sambal terasi menjadi makanan yang sangat menggiurkan dan pelengkap berbagai masakan. Menariknya, kini terdiri lebih dari satu olahan dengan menggunakan bahan tertentu. Rasanya yang nikmat ...

6 Manfaat Media Pembelajaran, Wajib Diketahui Demi Pencapaian Optimal

6 Manfaat Media Pembelajaran, Wajib Diketahui Demi Pencapaian Optimal

Ulasan      

2 Jul 2020 | 41


Media pembelajaran dewasa ini semakin digencarkan pada ranah pendidikan. Media semakin disadari betapa pentingnya sebagai sarana pendukung pembelajaran. Media memberikan manfaat yang luar ...

3 Bahaya Cornering ala MotoGP di Jalan Raya

3 Bahaya Cornering ala MotoGP di Jalan Raya

Tips      

29 Jun 2020 | 38


Masih ingat video yang tengah viral di media sosial sebelumnya? Itu lho video pengendara sepeda motor yang ngebut di jalan berbelok tajam atau tikungan. Karena tindakan kebut-kebutan ...